Home » » Quality of Service (QoS)

Quality of Service (QoS)

Aa | 12:37 PM | 0 komentar
 Kembali lagi bersama sobat Time . kali ini saya akan menjelaskan tentang Quality of service dalam jaringan yang baku. nah langsung saja yaaaa


QoS adalah kemampuan suatu jaringan untuk menyediakan layanan yang baik berdasarkan beberapa parameter, antara lain adalah latency , jatter , packet loss , delay . dan throughput.




Penjelasan

  •  Throughput, adalah kecepatan transfer data(bps). Throughput menunjukan jumlah total kedatangan paket yang sukses mencapai tujuan selama interval waktu tertentu dibagi oleh durasi interval waktu tersebut.
  • Delay , adalah waktu tunda suatu paket atau data yang diakibatkan oleh proses transmisi data dari suatu titik ke titik tujuan . One Way Delay(OWD) adalah waktu yang dibutuhkan oleh suatu paket dari tempat sumber ke tempat tujuan . adapun waktu dari sumber ke tujuan kembali lagi ke sumber disebut round trip time(RTT)
  • Jitter, adalah variasi delay antar paket yang terjadi pada jaringan protokol internet(IP) .Besarnya nilai Jitter sangat dipengaruhi oleh variasi beban lalu lintas dan besarnya collision(tumbukkan data antarpaket) pada jaringan IP. Semakin besar beban lalu lintas jaringan, akan meningkatkan peluang terjadinya congrestion(kemacetan pada lalu lintas jaringan yang disebabkan oleh tabrakan data) sehingga nilai jitter juga besar. semakin besar nilai jitter menyebabkan penurunan nilai Qos Support. untuk mendapatkan nilai Qos jaringan yang baik, maka nilai jitter harus dijaga serendah mungkin.
  • Packet loss , adalah kegagalan transimi sejumlah paket IP mencapai tujuaanya .Penyebab kegagalan transmisi tersebut antara lain adalah luapan (overload) lalu lintas jaringan, collision dan congrestion, galat(error pada media fisik , kegagalan pada pihak penerima yang disebabkan oleh luapan yang dialami buffer) penayangan.
Nilai Qos Sangat ditrntukan oleh kualitas jaringan yang digunakan .faktor faktor yang dapat menurunkan nilai Qos adalah redaman , distorsi dan noise .
  • Redaman adalah penurunan kekuatan sinyal yang diakibatkan oleh penambahan jarak pada media transmisi  masing- masing, media transmisi memiliki nilai redaman yang berbeda, bergantung pada bahan yang digunakan. untuk mengatasi redaman, maka digunakan reapeter yang berfungsi sebagai penguat sinyal
  • Distorsi adalah fenomena yang dialami oleh karena bervariasinya kecepatan perambatan gelombang akibat perbedaan lebar pita. cara untuk mengatasinnya adalah menggunakan lebar pita yang seragam
  • Noise adalah sinyal gangguan yang muncul dalam sistem jaringan, Noise yang besar mengubah data asli yang dikirimkan.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

S A Gaptek. Powered by Blogger.
 
Support : Creating Website | Sigit ariyanto | S A Gaptek
Copyright © 2011. S A Gaptek - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger