Home » » 7 Perangkat Pada WAN (Wide area network)

7 Perangkat Pada WAN (Wide area network)

Aa | 9:34 AM | 2komentar


Berikutt adalah perangkat yang sangat penting dan sering digunakan pada Jaringan WAN >>>


1.CSU/DSU(channel server unit /Data server unit)

 ''CSU / DSU (Chanel Service Unit/Data Service Unit) adalah antarmuka digital-alat yang digunakan untuk menghubungkan data terminal Equipment perangkat atau DTE, seperti router untuk sebuah rangkain digital (misalnya T1 atau T3 line).



2Modem
  
   Modem (Modulator Demodulator) adalah perangkat yang digunakan oleh komputer untuk membawa   data dan dikirim melalui saluran telepon atau kabel.

Modem, kependekan dari modulator demodulator-perangkat elektronik yang mengubah sinyal digital komputer ke frekuensi khusus untuk perjalanan melalui saluran telepon atau televisi kabel. Di tempat tujuan, modem demodulates Frequencies dirubah kembali ke data digital. Komputer menggunakan modem untuk berkomunikasi dengan rencana meniup melalui jaringan.

Modem telah Secara signifikan Evolved sejak tahun 1970 Ketika Modem baud 300 WS digunakan untuk menghubungkan komputer ke buletin board sistem (BBSs). Setiap bit, digital diwakili oleh 1 atau 0, dalam versi asli WS menular sebagai nada tertentu.

 
 3.Router

Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya, dengan adanya router maka sebuah protocol dapat di-sharing kepada perangkat jaringan lain. Contoh aplikasinya adalah jika kita ingin membagi IP Adress kepada anggota jaringan maka kita dapat menggunakan router ini, ciri-ciri router adalah adanya fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol), dengan mensetting DHCP, maka kita dapat membagi IP Address, fasilitas lain dari Router adalah adanya NAT (Network Address Translator) yang dapat memungkinkan suatu IP Address atau koneksi internet disharing ke IP Address lain.
4.Switch ATM 


Switch ATM adalah penyedia transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN.

Switch ATM berfungsi menerima frame data dari slah satu port, source dan destination address dari frame tersebut akan dicek. Switch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN.


5.Multi plexer


Multiplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkit (circuit).
Multiplexer berfungsi mentransfer beberapa data secara simultan (terus-menerus), seperti video, sound, text, dan lain-lain.

 6.Comm Server

Communication Server adalah server khusus “dial in/out” bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.
Communication Server berfungsi agar pegguna dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.







7.Switch X.25 / Frame Relay





Switch X.25 / Frame Relay adalah penghubung data lokal/private melalui jaringan data, mengunakan sinyal digital. Unit ini sama dengan switch ATM, tetapi kecepatan transfer datanya lebih rendah dibanding dengan ATM.
 




 
Share this article :

2 komentar:

Anonymous said...

ooh, ni yg ada di net kn..
ngaerti dah stlah mmbaca artikel ni..
d ttgu info mnarik lainnya sob :)
salam blogger!

Aa said...

iya bangg .. .... hhhahaha salam bloggeer juga .. saya pemula !!!!

Post a Comment

S A Gaptek. Powered by Blogger.
 
Support : Creating Website | Sigit ariyanto | S A Gaptek
Copyright © 2011. S A Gaptek - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger